Tulisan untuk Sistem Informasi Geografis

1. Menurut saya, berdasarkan pemahaman dan sumber-sumber yang pernah saya baca, Sistem Informasi adalah sebuah kombinasi atau sistem yang terdiri dari orang-orang dan kegiatan-kegiatan pada suatu organisasi ysng mengolah data dan informasi agar menjadi sesuatu yang berguna dalam pencapaian tujuan dan pengambilan keputusan. Sistem Informasi merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Sistem dan Informasi. Sistem itu sendiri adalah sebuah atau sekumpulan unsur yang saling berkaitan dan bergantung satu sama lain untuk mencapaisatu tujuan tertentu. Sedangkan Informasi adalah suatu kumpulan data yang telah diolah sehingga menjadi berguna bagi pengguna informasi tersebut dan berguna dalam pengambilan keputusan.

Sistem Informasi mempunyai beberapa cakupan, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Sistem Informasi Manajemen

2. Sistem Informasi Akuntansi

3. Sistem Informasi Geografis

4. Sistem Informasi Perbankan

5. Sistem Informasi Eksekutif

Diatas adalah beberapa contoh cakupan dari Sistem Informasi, masih banyak cakupan-cakupan lainnya.

2. Saya belum terlalu menguasai banyak bahasa pemrograman, tetapi saya sudah belajar bahasa pemrograman PHP dan Java. PHP dan Java adalah bahasa pemrograman yang saya minati. Tingkat penguasaannya masih dasar karena kemalasan saya untuk belajar dan memahami bahasa pemrograman tersebut. Saya ingin lebih memperdalam pemahama terhadap PHP dan Java, kemudian kalau bis saya juga ingin memahami bahasa pemrograman lainnya dan merancang sistem-sistem yang dapat berguna untuk banyak orang.

3. Saya belum pernah mengembangkan sistem informasi apapun, saya hanya mempelajari teori dan dasar-dasar pemrograman.

4. Sistem Informasi Geografis adalah sebuah sistem yang membangun, mengolah, mengelola, dan menampilkan data dan informasi spasial bereferensi geografis dari sebuah database. Saya mengharapkan dalam perkuliahan Sistem Informasi Geografis ini, saya dapat memahami konsep dari SIG dan mempraktekkan pembuatan SIG ini. Saya akan mempelajari konsep dan teori SIG terlebih dahulu dan mencoba melihat referensi program sistem yang ada.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

