Review Jurnal

Pelayanan dan pembelajaran yang diberikan oleh para guru sangat berpengaruh dalam perkembangan atau peningkatan kualitas pembelajaran untuk peserta didik. Pelayanan dan pembelajaran terhadap pengetahuan yang professional mempunyai peran yang cukup penting, karena dari pelayanan, perilaku, dan pengetahuan yang diberikan oleh guru, siswa atau peserta didik dapat berkembang pula potensinya.

Program pelatihan pelayanan dan pembelajaran guru memberikan kesempatan belajar bagi guru yang berkaitan meningkatkan pengetahuan yang professional dan keyakinan instruksi individu yang dapat berhubungan secara khusus mungkin memainkan peran mediasi dalam proses belajar-mengajar khususnya pada kelas matematika sehingga guru dapat memberikan pelayanan pembelajaran yang maksimal kepada para siswa atau peserta didik.

Keberhasilan pelatihan guru dapat dianalisis pada empat tingkat yang berbeda dari pengamatan (cf. Lipowsky, 2004, Kirkpatrick, 1979): Tingkat pertama pengamatan mencakup umpan balik oleh guru yang berpartisipasi misalnya sehubungan dengan manfaat proyek pelatihan atau perubahan yang dilaporkan sendiri di dalam kelas guru. Pada tingkat kedua dari observasi, pengembangan pengetahuan profesional yang dapat dianalisis. Tingkat ketiga termasuk peringkat tindakan guru di kelas oleh pengamat eksternal. Akhirnya, ada penelitian mengobati dampak yang mungkin timbul dari program pelatihan guru terhadap prestasi siswa dan data lain yang terhubung ke peserta didik, yang dapat diidentifikasi sebagai tingkat sebagainya pengamatan. Menurut keempat tingkat observasi, beberapa properti program pelatihan guru tampaknya menjadi penting untuk efek positif terlihat: Misalnya, kemungkinan kerjasama dan aktif belajar di dalam pelatihan pelayanan guru, durasi pelatihan dan fokus konten khusus diidentifikasi sebagai parameter utama bagi perkembangan yang positif dari konsep-diri guru terdaftar di dalam proyek-proyek layanan pelatihan guru (Garet et al., 2001, p 933). Smylie (1989, dikutip setelah Kennedy, 1998) melaporkan layanan pelatihan guru sebagai yang lebih efektif dalam perspektif para guru saat pelatihan ini dikombinasikan dengan pengalaman sendiri dalam kelas dan kerjasama dengan guru lain.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s