Konsentrasi Kerja Terganggu Karena 7 Hal Ini

Banyak faktor yang bisa mengganggu konsentrasi kerja di kantor, bahkan hal-hal sekecil apapun. Ketika konsentrasi kerja menurun, pekerjaan Anda pun tak memperlihatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, kenali apa saja yang bisa merusak konsentrasi kerja dan solusi mengatasinya, seperti dikutip dari WebMD.

1. Lapar
Lapar membuat orang kekurangan energi dalam tubuhnya, sehingga dapat berpengaruh pada konsentrasi. Agar otak tetap fokus, pada pagi hari, jangan sampai meninggalkan sarapan. Makanlah makanan yang kaya protein tapi sebaiknya hindari karbohidrat karena dapat membuat Anda mengantuk saat bekerja. Siapkan camilan sehat untuk mengganjal perut jika Anda merasa lapar sebelum jam makan siang, atau menjelang sore.

2. Situs Jejaring Sosial
Psikolog Lucy Jo Palladino, PhD, mengatakan, media sosial membuat seseorang sangat mudah terhubung dengan teman, sehingga mereka melupakan pekerjaannya. Membuka situs jejaringan sosial seperti Facebook atau Twitter membuat pekerja menunda pekerjaannya. Cobalah untuk menghindari membuka situs jejaring sosial saat di kantor. Jika benar-benar perlu untuk membukanya, bukalah selama jam istirahat agar tidak mengganggu pekerjaan.

3. Ponsel
Ponsel juga salah satu alat yang bisa mengganggu pekerjaan. Apalagi saat ini ponsel sudah semakin canggih yang dilengkapi dengan fitur chatting seperti Black Berry Messenger (BBM). Tanpa sadar, Anda bisa menghabiskan waktu hanya dengan memainkan ponsel dan menunda pekerjaan.

4. Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan
Penelitian menunjukkan, melakukan pekerjaan secara sekaligus akan memakan waktu lebih lama dibanding mengerjakannya satu per satu. Hal ini disebabkan karena fokus dan perhatian terbagi. Meskipun ada beberapa orang mampu melakukannya dengan baik, tapi tidak selamanya multitasking dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, buat daftar pekerjaan, mulai dari yang penting sampai tidak terlalu penting, kemudian selesaikan tugas satu per satu.

5. Bosan dan Lelah
Bila sedang bosan, seseorang akan rentan terpengaruh terhadap gangguan sehingga berpengaruh pada konsentrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, istirahatlah selama 10 menit. Anda bisa tidur atau berjalan-jalan di sekitar kantor. Sulit berkonsentrasi juga disebabkan karena rasa lelah. Kelelahan bisa karena kurang tidur atau melakukan kegiatan terlalu banyak. Usahakan untuk tidur, minimal delapan jam setiap harinya agar energi kembali pulih.

6. Stres
Sedang dilanda masalah dan terlalu banyak pikiran bisa membuat seseorang menjadi stres. Saat stres akan membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan hormon yang dilepaskan selama stres dapat berpengaruh terhadap sistem kerja otak.

Selain itu, stres dapat memicu sakit kepala, punggung dan sakit bahu dan detak jantung yang cepat. Untuk itu, belajarlah teknik pengurangan stres dengan meditasi sehingga dapat mengembalikan konsentrasi dan lebih fokus terhadap pekerjaan.

7. Efek Obat
Beberapa orang yang mengonsumsi obat anti depresi dapat memicu terganggunya konsentrasi. Jika konsentrasi sering hilang atau terganggu sejak minum obat, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Simak tips berikut ini untuk meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s