HIV, Jauhi Penyakitnya, bukan Orangnya

‘Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya’ Bergema Dihari AIDS

Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) kerap mendapatkan diskriminasi dari masyarakat atau lingkungan tertentu. Di Hari AIDS sedunia tahun ini bergema semboyan ‘Jauhi penyakitnya bukan orangnya’ untuk mendukung penderita AIDS bahwa mereka tidak sendiri.

Diskriminasi terhadap ODHA masih saja ditemui, meski beberapa orang sudah mengetahui bahwa sekedar jabat tangan, mengobrol atau berpelukan tidak bisa menularkan virus HIV. Kondisi ini membuat beberapa orang berkampanye ‘Jauhi penyakitnya bukan orangnya’ di Hari AIDS Sedunia.

Spread the love people, NOT the disease. Each one of us is affected in one way or another, so reduce the stigma and play safe #WorldAIDSDay” seperti dikutip dari akun twitter @KenyaRedCross, Kamis (1/12/2011).

There are no reason to stigmatize people living with AIDS, they are still people like us. #WorldAIDSDay” dikutip dari akun twitter @IBUFoundation. Serta “If you can’t support. At least don’t discriminate. #WorldAIDSday” dari akun twitter @TimMarbun.

Diskriminasi yang dilakukan terhadap orang-orang dengan HIV/AIDS akan membuatnya semakin menutup diri, sehingga mempersulit dalam mendata jumlah pasti penderita HIV/AIDS.

Stigma negatif mengenai HIV/AIDS sebaiknya mulai disingkirkan, karena mengucilkan orang dengan HIV/AIDS atau melabelinya dengan stigma negatif bukanlah perbuatan yang manusiawi.

HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel imun manusia serta menghancurkan fungsinya, sehingga orang yang terinfeksi akan mengalami penurunan kekebalan tubuh. Sedangkan AIDS merupakan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan penurunan sistem kekebalan tubuh tersebut.

Dalam upaya pengendalian HIV AIDS tetap harus menghormati harkat, martabat, norma dan agama, serta memperhatikan keadilan, kesejahteraan dan juga jenis kelamin. Hal lain yang juga penting adalah harus melindungi ODHA (orang dengan HIV AIDS) agar tidak dihakimi masyarakat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhi HIV/AIDS seperti:
1. Menghindari perilaku seks bebas dan berisiko seperti tidak menggunakan kondom
2. Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan orang lain
3. Tidak berganti-ganti pasangan atau berperilaku setia

Ayo… ‘Jauhi penyakitnya bukan o

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s