5 Kiat Agar Tampil Menonjol di Kantor

Orang-orang yang bisa sukses dalam kariernya, adalah mereka yang mau berusaha lebih keras agar terlihat menonjol di kantor. Kenaikan jabatan tidak hanya didapatkan dari kemampuan teknis dan akademis, tapi juga dari kebisaan membuat diri kita dikenal dan diperhatikan (dalam artian positif) di lingkungan kerja.

Ini dia lima tips agar diperhatikan dan menonjol di kantor, yang bisa membuat karier semakin menanjak, seperti dikutip dari Times of India.

1. Jangan Menunggu Hingga Disuruh
Seringnya, karyawan hanya mengerjakan apa yang diminta atasan. Padahal salah satu poin penting yang membuat Anda menonjol di lingkungan kerja, adalah kemauan mengambil inisiatif dan melakukan hal-hal kecil yang berpengaruh positif pada kemajuan kerja tim tanpa harus diperintah atasan. Dengan begitu, Anda akan lebih diperhatikan atasan dan rekan kerja.

2. Jangan Diam
Ketika ada meeting antar karyawan maupun antar divisi, usahakan untuk aktif berbicara, jangan banyak berdiam diri. Pertemuan dengan atasan memang kadang bersuasana tegang, menguras energi atau bahkan membosankan. Dalam situasi itu, karyawan biasanya memilih sibuk sendiri dengan ponselnya atau duduk di pojokan dekat pintu keluar. Itu menandakan Anda merasa cemas atau tidak ingin ‘terlihat’.

Duduklah tegak dengan tubuh condong ke depan dan perhatikan apa yang didiskusikan saat meeting. Ucapkan pertanyaan dan kemukakan pendapat, tapi seperlunya saja, tidak berlebihan. Anda tentunya tak mau menjadi orang yang membuat jalannya meeting jadi lebih lama dengan perdebatan yang tak jelas poinnya. Jangan takut menyatakan ketidaksetujuan, tapi kemukakan dengan cerdas dan tidak mengait-kaitkan dengan masalah pribadi. Katakan dengan kalimat singkat yang tidak memicu argumen berkepanjangan.

3. Perhatikan Hal-hal Kecil
Meningkatkan reputasi pekerjaan di kantor bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Simpan semua kartu nama yang Anda peroleh dari klien atau kolega, nomor-nomor telepon penting, pulpen tertata rapi, kertas memo, serta kalender di meha. Dengan begitu, Anda akan siap dengan segala keperluan mendesak. Catat semua rencana dan kegiatan selama seminggu ke depan di kalender, notes atau reminder di ponsel agar tidak lupa dan terlewat.

4. Banyak Baca Buku
Saat ini, internet memang menjadi sumber paling cepat dan efektif dalam pencarian segala informas, namun tidak semuanya dapat dipercaya. Buku, tetap menjadi jendela informasi terbaik. Perdalam pengetahuan dan luaskan wawasan Anda dengan banyak membaca buku. Simpan referensi-referensi buku yang berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda, kamus, buku ensiklopedi dan jurnal-jurnal di meja atau laci kerja. Tapi jangan hanya dijadikan pajangan, baca selagi Anda punya waktu luang di jam kerja.

5. Kenal Semua Staf Karyawan
Bersikap baiklah dan hormati semua staf karyawan; bukan hanya sesama rekan kerja, tapi juga cleaning service, office boy, security atau mungkin penjaga lift. Jangan meremehkan pekerjaan mereka, biar bagaimanapun, peran mereka juga penting dalam melancarkan aktivitas Anda di kantor. Ingatlah nama mereka dan tersenyumlah saat berpapasan. Selalu ucapkan ‘tolong’, ‘terima kasih’ saat dan setelah meminta bantuan dan jangan pernah berbicara dengan nada tinggi kepada mereka. Hargailah orang lain, maka Anda juga akan mendapat perlakuan yang sama.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s